26 Nov 2020
Catatan Perjalanan

Ulang Tahun dan Arah Layar 

Ulang tahun adalah hal paling menyedihkan bagiku ketika aku hanya memilih sibuk menghitung berapa jumlah ucapan yang disampaikan padaku. Akan membuat tersiksa jika aku hanya fokus melempar perhatian pada siapa sahabat dekat yang belum memberi ucapan selamat.   Di hari ulang tahunku, sudah kuniatkan untuk…

Catatan Perjalanan

Bersyukur Diberi Kekurangan 

Halo, Kekurangan. Sabar-sabar ya kalau aku sering banget menyalahkanmu di tiap tindakan burukku. Tapi anyway, aku harus berterima kasih padamu karena pada satu momen—atau mungkin lebih, aku terselamatkan olehmu. Jadi berpikir, pantas ada orang yang bilang, “Kekurangan bisa jadi kelebihan.” Meski konteksnya beda-beda sih kayanya….

Catatan Perjalanan

Kilas Balik Perjalanan 

Sebetulnya sejak berangkat, seharusnya padaku sudah tersemat gelar sebagai ‘bonek’, wkwk alias bocah nekat. Ughhh, bukan maksudnya ‘bonek’ pada umumnya yaa, hihi. Bagiku sendiri yang keluar kota aja nggak pernah sendirian dan selalu ada yang dijadikan pembimbing, perjalanan ke Korea waktu itu emang itungannya nekat…

Catatan Perjalanan, UGM

What Brought Me to Korea 

Sesungguhnya kita adalah seorang penyusun rencana, dan hanya Allah-lah yang memutuskan untuk meng-acc atau tidaknya. Aku ingat itu baik-baik supaya terus menerus menjadi pribadi yang penuh dengan rencana, lantas terus berusaha dan berdoa. Kuyakini betul-betul bahwa rencana itu bisa jadi baik terlaksana, atau dimodifikasi oleh…