[RESENSI] Mengupas Kata Perempuan

Judul : Imaji Cinta Halima
Penulis : Novriantoni Kahar
Penerbit : Renebook
Harga asli : Rp 35.000,00

Buku berjudul Imaji Cinta Halima mungkin tidak terlalu banyak terdengar di kalangan pembaca novel-novel romantis. Ya, karena ini sebenarnya buku untaian puisi esai. Tetapi di dalamnya berisi kisah-kisah menakjubkan. Jujur saja, saya pribadi langsung jatuh hati ketika memandang sekilas cover buku karya Novriantoni Kahar ini. Sejujurnya desain cover tersebut sederhana tetapi menjadi nampak menyenangkan untuk dilihat karena kesannya yang kalem.

Terdapat lima kisah menarik yang dituliskan dalam buku ini, dirangkai membentuk semacam puisi yang mendalam namun mudah dipahami. Kisah-kisah di dalamnya mengacu pada beberapa intrik di agama terutama mengenai “perempuan” (dalam hal ini muslimah) yang kerap dirasa tabu. Adanya poligami, penggunaan cadar, dan sebagainya, dibawakan dengan nikmat dan mendalam. Bagi saya sendiri hal ini begitu menyentuh. Sedangkan judul Imaji Cinta Halima merupakan salah satu judul cerita yang disampaikan di buku ini. Sesuai judulnya, kisah tersebut memang mampu membuat trenyuh. Meskipun begitu kisah-kisah lain dalam buku tersebut tidak kalah menariknya dengan cerita Halima.

Buku terbitan Renebook tahun 2013 ini menyisipkan sekapur sirih yang disampaikan oleh tokoh Goenawan Mohamad. Daya tarik yang dimiliki buku ini memang berbeda karena berhasil membawakan kisah-kisah melalui puisi sederhana yang mampu dipahami. Hanya saja yang mungkin terasa kurang nyaman adalah munculnya beberapa kata yang asing terdengar, oleh karenanya terdapat beberapa catatan kaki yang disertakan di tiap halaman. Tetapi secara keseluruhan, buku ini terekomendasikan untuk dibaca (khususnya bagi gadis-gadis yang telah beranjak dewasa) karena nyaman dan ringan dibaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *